Strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Danone untuk produk Aqua
PT. DANONE AQUA, perusaahn yang menyediakan air minum
mineral dalam kemasan yang sudah terkenal di penjuru Nusantara, banyak dijual
di eceran, pinggir jalan atau di mall-mall ternama dan mudah untuk menemukan
produk minuman kemansan ini. Kesuksesan Aqua dalam penjualan dan pemasarannya
tidak terlepas dari strategi pemasarannya yang terbilang bagus dan sukses
hingga sekarang.
Menurut saya strategi promosi yang dilakukan perusahaan Danone untuk produk
aqua sudah sangat baik untuk dilakukan di Indonesia dan negara lainnya. Karena
aqua secara langsung mengajak serta masyarakat untuk berpartisipasi dalam
menjalankan strategi tersebut sehingga masyarakat akan lebih merasakan keuntungannya.
Contohnya didalam program 1 sampai 10 masyarakat secara langsung dapat
berpartisipasi untuk membantu sesama dalam kegiatan menyumbang air bersih bagi
masyarakat lain yang membutuhkan air bersih, sehingga ketika masyarakat ingat
air bersih maka akan ingat aqua. Bukan hanya itu produk aqua juga
memasang iklan billboard, print Ad, dan TV Commercial sehingga masyarakat
semakin mengetahui aqua sehingga tertarik untuk membeli produk aqua. Selain itu
aqua juga mengadakan event Danone Nations Cup, acara ini sangat bermanfaat bagi
masyarakat yang ingin mengasah kamampuannya dalam bidang olahraga sepakbola dan
tentu saja bermanfaat untuk kegiatan promosi aqua.
Menurut saya strategi promosi aqua untuk mengadakan event Danone Nations Cup,
sistem promosi melalui Iklan billboard, Print Ad, TV Commercial,
dan melakukan kampanye tentang hidup sehat dimulai dari air yang kita minum dapat di lakukan di luar
negeri. Tetapi untuk program 1 sampai 10 menurut saya kurang cocok untuk
diterapkan diluar negeri karena diluar negeri air yang mengalir di kran rumah
sudah langsung dapat diminum karena sudah di filter langsung. Dan juga di luar
negeri berbeda dengan di Indonesia karena di luar negeri terdapat air minum
gratis di pinggir jalan, selain itu air merupakan barang yang mahal di luar
negeri. Jadi, jika aqua ingin memasarkan produknya keluar negeri maka harus
dipikirkan secara matang apa saja strategi yang efektif untuk diterapkan di
luar negeri.
Strategi
promosi global untuk produk Aqua Danone menurut saya adalah :
- Melakukan
promosi dengan menciptakan iklan dan slogan-slogan yang menarik dengan
memanfaatkan media yang ada sehingga mudah diingat oleh masyarakat.
- Menambah
kegiatan yang bermanfaat seperti program Danone Nations Cup, contohnya
mengadakan kegiatan olahraga di bidang yang lain seperti bulutangkis atau
renang demi mempererat hubungan dengan masyarakat. Selain itu aqua juga
bisa mengadakan program beasiswa untuk para pelajar yang berprestasi
- Tetap melaksanakan strategi promosi yang sedang di lakukan sekarang di Indonesia yaitu menyumbang air bersih untuk setiap daerah di Indonesia yang kekurangan air bersih, tetapi tidak hanya di Indonesia sebaiknya juga ikut menyumbang ke negara-negara lain yang juga kekurangan air bersih.
- Melakukan promosi dengan cara mensponsori beberapa kegiatan baik di Indonesia maupun di luar negeri.
- Mengadakan
event di tempat-tempat tertentu.
Komentar
Posting Komentar