Strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Danone untuk produk Aqua






PT. DANONE AQUA, perusaahn yang menyediakan air minum mineral dalam kemasan yang sudah terkenal di penjuru Nusantara, banyak dijual di eceran, pinggir jalan atau di mall-mall ternama dan mudah untuk menemukan produk minuman kemansan ini. Kesuksesan Aqua dalam penjualan dan pemasarannya tidak terlepas dari strategi pemasarannya yang terbilang bagus dan sukses hingga sekarang.
            Menurut saya strategi promosi yang dilakukan perusahaan Danone untuk produk aqua sudah sangat baik untuk dilakukan di Indonesia dan negara lainnya. Karena aqua secara langsung mengajak serta masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjalankan strategi tersebut sehingga masyarakat akan lebih merasakan keuntungannya. Contohnya didalam program 1 sampai 10 masyarakat secara langsung dapat berpartisipasi untuk membantu sesama dalam kegiatan menyumbang air bersih bagi masyarakat lain yang membutuhkan air bersih, sehingga ketika masyarakat ingat air bersih maka akan ingat aqua. Bukan hanya itu  produk aqua juga memasang iklan billboard, print Ad, dan TV Commercial sehingga masyarakat semakin mengetahui aqua sehingga tertarik untuk membeli produk aqua. Selain itu aqua juga mengadakan event Danone Nations Cup, acara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengasah kamampuannya dalam bidang olahraga sepakbola dan tentu saja bermanfaat untuk kegiatan promosi aqua.

            Menurut saya strategi promosi aqua untuk mengadakan event Danone Nations Cup, sistem promosi melalui Iklan billboard, Print Ad, TV Commercial, dan melakukan kampanye tentang hidup sehat dimulai dari air yang kita minum dapat di lakukan di luar negeri. Tetapi untuk program 1 sampai 10 menurut saya kurang cocok untuk diterapkan diluar negeri karena diluar negeri air yang mengalir di kran rumah sudah langsung dapat diminum karena sudah di filter langsung. Dan juga di luar negeri berbeda dengan di Indonesia karena di luar negeri terdapat air minum gratis di pinggir jalan, selain itu air merupakan barang yang mahal di luar negeri. Jadi, jika aqua ingin memasarkan produknya keluar negeri maka harus dipikirkan secara matang apa saja strategi yang efektif untuk diterapkan di luar negeri.

Strategi promosi global untuk produk Aqua Danone menurut saya adalah :
  1. Melakukan promosi dengan menciptakan iklan dan slogan-slogan yang menarik dengan memanfaatkan media yang ada sehingga mudah diingat oleh masyarakat.
  2. Menambah kegiatan yang bermanfaat seperti program Danone Nations Cup, contohnya mengadakan kegiatan olahraga di bidang yang lain seperti bulutangkis atau renang demi mempererat hubungan dengan masyarakat. Selain itu aqua juga bisa mengadakan program beasiswa untuk para pelajar yang berprestasi
  3. Tetap melaksanakan strategi promosi yang sedang di lakukan sekarang di Indonesia yaitu menyumbang air bersih untuk setiap daerah di Indonesia yang kekurangan air bersih, tetapi tidak hanya di Indonesia sebaiknya juga ikut menyumbang ke negara-negara lain yang juga kekurangan air bersih.
  4. Melakukan promosi dengan cara mensponsori beberapa kegiatan baik di Indonesia maupun di luar negeri.
  5. Mengadakan event di tempat-tempat tertentu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Analisis 7P "Onde Onde Lumer"