Laporan Analisis 7P "Onde Onde Lumer"
PEMBAHASAN
Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan
pemasaran perusahaan adalah marketing mix
strategy yang didefinisikan oleh Kotler
dan Armstrong (1997) yang menyatakan bahwa “marketing mix as the set of controllable marketing variables that
the firm bleads to produce the response it wants in the target market”.
Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa bauran
pemasaran merupakan variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk
menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasarsasaran. Terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix
7p) yaitu :
1. Produk
2.
Price
3.
Promotion
4.
Place
5.
Partisipant atau
People
6.
Proses
7.
Physical
Evidence
1.
PRODUCT
Produk
merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat
mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya
sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen.
Produk
usaha yang kami jalankan adalah bergerak dalam bidang kuliner makanan ringan
yaitu onde-onde. Bahan dasar dari produk usaha ini ialah tepung ketan yang
sudah tidak asing bagi masyarakat. Tepung ketan dapat diolah berbagai macam
makanan. Salah satunya diantaranya adalah onde-onde. Selain itu, onde-onde
merupakan makanan ringan yang digemari oleh masyarakat, dan mudah diperoleh
dalam mengkonsumsinya.
Sejauh
pengamatan kami, telah banyak orang yang menjalankan usaha onde-onde ini, dan
ditemui terdapat banyak variasi menu dan harga yang ditawarkan. Usaha onde-onde
yang kami jalankan saat ini adalah onde-onde dengan variasi berbeda. Yaitu onde
onde cokelat lumer. Produk usaha yang kami jalankan adalah bergerak dalam
bidang kuliner makanan ringan yaitu onde-onde. Bahan dasar dari produk usaha
ini ialah tepung ketan yang sudah tidak asing bagi masyarakat.
Produk
yang kami buat yaitu salah satu makanan tradisional Indonesia khusus nya di
daerah Jakarta. Biasanya makanan ini termasuk makanan basah yang sering dijual
di pasar atau di pinggir jalan. Onde onde biasanya terbuat dari kacang ijo,
tetapi kami akan membuat inovasi baru dengan rasa yang berbeda. Onde onde yang
kami buat adalah onde onde coklat lumer
yang jika dimakan akan keluar coklat yang meleleh di dalam mulut.
Dengan
era modern sekarang, banyak kaum muda dan anak milenial yang suka mengkonsumsi
makanan yang berbahan dasar coklat. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
masyarakat. Ini adalah salah satu peluang yang dapat kami coba untuk dijadikan
usaha di sekitar kampus.
BAHAN BAHAN ONDE ONDE LUMER :
Variasi resep berikutnya adalah onde
onde lumer dengan isian coklat lumer serta dibalut dengan taburan wijen.
Bahan kulit onde2 :
Ø
Tepung ketan
Ø
Tepung beras
Ø
Gula pasir
Ø
Air hangat
Ø
Vanili bubuk
Ø
Cokelat batang
Ø
Garam
Ø
Wijen
Ø
Mentega
Ø
Air dingin secukupnya untuk pencelup
Ø
Minyak untuk menggoreng
2.
PRICE
Menurut
Monroe (2005) menyatakan bahwa harga
merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk
atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil
keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel, Blackwell dan Miniard, 1996).
Harga
dikatakan mahal, murah atau biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah
harus sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatar belakangi
oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).
Untuk
harga yang kami berikan relatif murah dan terjangkau. Dengan bahan baku yang
tidak menggunakan pengawet dan berbahan alami dipastikan aman untuk di
konsumsi. Harga onde onde yang kami jual 3.000 per pcs.
Keterangan
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
Tepung
ketan
|
1 kg
|
Rp. 15.000
|
Rp. 15.000
|
Tepung
beras
|
¼ kg
|
Rp. 6.000
|
Rp. 6.000
|
Vanili
bubuk
|
2 bungkus
|
Rp. 3.000
|
Rp. 3.000
|
Gula pasir
|
¼ kg
|
Rp. 8.000
|
Rp. 8.000
|
Wijen
|
¼ kg
|
Rp. 6.000
|
Rp. 6.000
|
Cokelat
batang
|
1 bungkus
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
Minyak
goreng
|
1 kg
|
Rp. 16.000
|
Rp. 16.000
|
Mentega
|
1 bungkus
|
Rp. 6.000
|
Rp. 6.000
|
Jumlah
|
|
|
Rp. 70.000
|
Jumlah total bahan baku yang diperoleh : Rp.
70.000
Peralatan dan perlengkapan tambahan :
a.
Gas 2kg : Rp 21.000
b.
3 Box kardus : Rp 5.000
c.
Paper bag : Rp. 10.000
Total Rp.
36.000
Total bahan
baku dan peralatan Rp.106.000
3.
PROMOTION
Promosi
adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau
pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku.
Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada
pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media
massa seperti koran, majalah, tabloid, radio, televisi dan direct mail (Baker,
2000:7).
Untuk media
promosi yang dapat digunakan pada usaha ini antara lain melakukan promosi
penjualan, pendekatan kepada hubungan
masyarakat khusus nya di sekitar kampus, dan
pemasaran langsung. Kami juga mengadakan promosi pengenalan produk onde
onde lumer tersebut dengan membuat diskon pada pembelian hari pertama dan
sampai dengan hari ketiga penjualan. Untuk penjualan kami akan melakukan
pemasaran langsung dengan cara datang ke kelas–kelas untuk menawarkan onde onde
lumer ini. Selain itu, kami juga mempromosikan produk onde onde lumer dari
mulut ke mulut seperti dari teman – teman mahasiwa yang kemudian ikut
mempromosikan dengan media sosial nya masing-masing.
Penentuan
media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu
sendiri. Bentuk dan jenis makanan yang ditawarkan sangat berpengaruh dalam
kertertarikan konsumen itu sendiri. Maka dari itu, kami menjual onde onde lumer
dengan rasa yang berbeda dari yang biasanya.
4.
PLACE
Kotler
(2000: 96) menyatakan bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat
lembaga yang melakukan segala kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk
menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Dari
definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran distribusi suatu barang adalah
keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak
pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai industri.
Distribusi
berkaitan dengan kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat
konsumen mencarinya. Distribusi memperlihatkan berbagai kegiatan yang dilakukan
perusahaan untuk menjadikan produk atau jasa diperoleh dan tersedia bagi
konsumen sasaran.
Ø
Target Pasar Yang Dituju (Gambaran
Karakteristik Pembeli)
Target pasar yang akan dituju adalah
kalangan mahasiswa. Sedangkan lokasi yang akan menjadi target utama ialah kampus
dan sekitar nya.
5.
PEOPLE
Yang
dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun
tidak langsung. Dalam usaha ini partisipan atau people yang terkait di dalam
nya yaitu penjual dan mahasiswa sebagai pembeli.
6.
PROCESS
Process
adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan
untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan. Dalam melakukan
pelayanan pada pelanggan, kami sangat memperhatikan process yang ada di dalam
interaksi penjualan dan pembelian pada produk onde onde lumer tersebut.
Contohnya, kami siap merima saran jika ada keluhan dari pelanggan.
7.
PHYSICAL EVIDENCE (LINGKUNGAN FISIK)
Lingkungan
fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana.
Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya
dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi
geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya,
cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai
obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).
Physical
evidence merupakan elemen terakhir dari tambahan marketing mix selain ‘people’
and ‘process’. Sarana fisik ini merupakan satu hal yang secara nyata turut
mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang
ditawarkan, unsur-unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara lain: lingkungan
fisik, dalam hal kemasan (packaging), logo beserta warna. Dengan kata lain, sarana
fisik (physical evidence) yang menarik atau unik menjadi daya tarik konsumen
dalam membeli suatu produk. Misalnya jika ada konsumen yang ingin membeli, kami
menyiapkan kemasan berupa paper bag yang disertai dengan desaign logo yang
menarik.
Komentar
Posting Komentar