Laporan Analisis 7P "Onde Onde Lumer"


PEMBAHASAN

Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalah marketing mix strategy yang didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong (1997) yang menyatakan bahwa marketing mix as the set of controllable marketing variables that the firm bleads to produce the response it wants in the target market”.
Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran merupakan variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasarsasaran.  Terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix 7p) yaitu : 
1.      Produk
2.      Price
3.      Promotion
4.      Place
5.      Partisipant atau People
6.      Proses
7.      Physical Evidence

1.      PRODUCT
Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Produk usaha yang kami jalankan adalah bergerak dalam bidang kuliner makanan ringan yaitu onde-onde. Bahan dasar dari produk usaha ini ialah tepung ketan yang sudah tidak asing bagi masyarakat. Tepung ketan dapat diolah berbagai macam makanan. Salah satunya diantaranya adalah onde-onde. Selain itu, onde-onde merupakan makanan ringan yang digemari oleh masyarakat, dan mudah diperoleh dalam mengkonsumsinya.
Sejauh pengamatan kami, telah banyak orang yang menjalankan usaha onde-onde ini, dan ditemui terdapat banyak variasi menu dan harga yang ditawarkan. Usaha onde-onde yang kami jalankan saat ini adalah onde-onde dengan variasi berbeda. Yaitu onde onde cokelat lumer. Produk usaha yang kami jalankan adalah bergerak dalam bidang kuliner makanan ringan yaitu onde-onde. Bahan dasar dari produk usaha ini ialah tepung ketan yang sudah tidak asing bagi masyarakat.
Produk yang kami buat yaitu salah satu makanan tradisional Indonesia khusus nya di daerah Jakarta. Biasanya makanan ini termasuk makanan basah yang sering dijual di pasar atau di pinggir jalan. Onde onde biasanya terbuat dari kacang ijo, tetapi kami akan membuat inovasi baru dengan rasa yang berbeda. Onde onde yang kami buat adalah onde onde coklat lumer  yang jika dimakan akan keluar coklat yang meleleh di dalam mulut.
Dengan era modern sekarang, banyak kaum muda dan anak milenial yang suka mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar coklat. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Ini adalah salah satu peluang yang dapat kami coba untuk dijadikan usaha di sekitar kampus.

BAHAN BAHAN ONDE ONDE LUMER :
Variasi resep berikutnya adalah onde onde lumer dengan isian coklat lumer serta dibalut dengan taburan wijen.
Bahan kulit onde2 :
Ø  Tepung ketan
Ø  Tepung beras
Ø  Gula pasir
Ø  Air hangat
Ø  Vanili bubuk
Ø  Cokelat batang
Ø  Garam
Ø  Wijen
Ø  Mentega
Ø  Air dingin secukupnya untuk pencelup
Ø  Minyak untuk menggoreng

2.     PRICE
Menurut Monroe (2005) menyatakan bahwa harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel, Blackwell dan Miniard, 1996).
Harga dikatakan mahal, murah atau biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).
Untuk harga yang kami berikan relatif murah dan terjangkau. Dengan bahan baku yang tidak menggunakan pengawet dan berbahan alami dipastikan aman untuk di konsumsi. Harga onde onde yang kami jual 3.000 per pcs.
Keterangan
Jumlah
Harga satuan
Jumlah
Tepung ketan
1 kg
Rp. 15.000
Rp. 15.000
Tepung beras
¼ kg
Rp. 6.000
Rp. 6.000
Vanili bubuk
2 bungkus
Rp. 3.000
Rp. 3.000
Gula pasir
¼ kg
Rp. 8.000
Rp. 8.000
Wijen
¼ kg
Rp. 6.000
Rp. 6.000
Cokelat batang
1 bungkus
Rp. 10.000
Rp. 10.000
Minyak goreng
1 kg
Rp. 16.000
Rp. 16.000
Mentega
1 bungkus
Rp. 6.000
Rp. 6.000
Jumlah


Rp. 70.000

Jumlah total bahan baku yang diperoleh :       Rp. 70.000
Peralatan dan perlengkapan tambahan :
a.       Gas 2kg :                                                   Rp 21.000
b.      3 Box kardus :                                           Rp   5.000
c.       Paper bag :                                                Rp. 10.000

Total                                                               Rp. 36.000
Total bahan baku dan peralatan                 Rp.106.000

3.      PROMOTION
Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa seperti koran, majalah, tabloid, radio, televisi dan direct mail (Baker, 2000:7).
Untuk media promosi yang dapat digunakan pada usaha ini antara lain melakukan promosi penjualan, pendekatan kepada  hubungan masyarakat khusus nya di sekitar kampus, dan  pemasaran langsung. Kami juga mengadakan promosi pengenalan produk onde onde lumer tersebut dengan membuat diskon pada pembelian hari pertama dan sampai dengan hari ketiga penjualan. Untuk penjualan kami akan melakukan pemasaran langsung dengan cara datang ke kelas–kelas untuk menawarkan onde onde lumer ini. Selain itu, kami juga mempromosikan produk onde onde lumer dari mulut ke mulut seperti dari teman – teman mahasiwa yang kemudian ikut mempromosikan dengan media sosial nya masing-masing.
Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu sendiri. Bentuk dan jenis makanan yang ditawarkan sangat berpengaruh dalam kertertarikan konsumen itu sendiri. Maka dari itu, kami menjual onde onde lumer dengan rasa yang berbeda dari yang biasanya.

4.      PLACE
Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai industri.
Distribusi berkaitan dengan kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya. Distribusi memperlihatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk atau jasa diperoleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.


Ø  Target Pasar Yang Dituju (Gambaran Karakteristik Pembeli)
Target pasar yang akan dituju adalah kalangan mahasiswa. Sedangkan lokasi yang akan menjadi target utama ialah kampus dan sekitar nya.

5.      PEOPLE
Yang dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Dalam usaha ini partisipan atau people yang terkait di dalam nya yaitu penjual dan mahasiswa sebagai pembeli.

6.      PROCESS
Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan. Dalam melakukan pelayanan pada pelanggan, kami sangat memperhatikan process yang ada di dalam interaksi penjualan dan pembelian pada produk onde onde lumer tersebut. Contohnya, kami siap merima saran jika ada keluhan dari pelanggan.

7.      PHYSICAL EVIDENCE (LINGKUNGAN FISIK)
Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).
Physical evidence merupakan elemen terakhir dari tambahan marketing mix selain ‘people’ and ‘process’. Sarana fisik ini merupakan satu hal yang secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan, unsur-unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara lain: lingkungan fisik, dalam hal kemasan (packaging), logo beserta warna. Dengan kata lain, sarana fisik (physical evidence) yang menarik atau unik menjadi daya tarik konsumen dalam membeli suatu produk. Misalnya jika ada konsumen yang ingin membeli, kami menyiapkan kemasan berupa paper bag yang disertai dengan desaign logo yang menarik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Danone untuk produk Aqua